Thursday, June 2, 2022

Toko-Toko (PKL) Sepatu Murah di Jalan ini Tinggal Kenangan, Sudah Pindah

Toko-Toko (PKL) Sepatu Murah di Jalan ini Tinggal Kenangan, Sudah Pindah

Toko-Toko (PKL) Sepatu Murah di Jalan ini Tinggal Kenangan, Sudah Pindah ke teras Malioboro1

Toko Sepatu Murah yang digelar oleh PKL di Jalan ini tinggal Kenangan, ya ini adalah salah satu deretan PKL dengan Toko toko sepatu yang terkenal murah di Jogja. Toko sepatu ini sebelumnya bagian dari toko jogja sepatu ada di Jl mataram sisi utara, tepatnya di Timur Malioboro. Dikenal dengan nama Kawasan Toko Sepatu Jl Mataram. Namun dengan adanya penataan kota PKL yang berjumlah sekitar 19 ini akhirnya pindah. Salah satu tempat belanja sepatu murah di Jogja (dulu) dibuka oleh Jalan Mataram. Sepertinya tiap daerah punya yang namanya sendiri-sendri, Kalau Jalan Mataram di Jogjakarta ini (dulu) terkenal sebagai tempat beli sepatu murah. Atau jika ke Bandung bisa dibilang “Cibaduyut”-nya Jogja, namun saat ini Jalan Mataram di Jogjakarta sudah berubah.

Selain Sepatu PKL di lokasi ini juga jual sandal dan Kaos kaki. Jogja sejak lama yang dijadikan tujuan calon mahasiswa, Jogja atau DIY memiliki setidaknya 136 unit perguruan tinggi yang memiliki beberapa kategori diantaranya akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut serta universitas. Sehingga ada ratusan ribu mahasiswa baru yang masuk ke Jogja setiap tahunnya. Disamping itu Jogja juga jadi salah satu tujuang wisata hingga saat ini. Banyak tempat wisata menarik dan juga biaya hidup di Jogja yang muarh jadi daya tarik tersendiri. Selain belajar, berwisata dan bermain tujuan ke jogja juga belanja atau beli oleh-oleh dan juga souvenir.

Pedagang Sepatu

Dahulu Pejual sepatu di Jalan ini kebanyak dari luar jawa, sebgaian dari Solok, Sumatera Barat. Pedangan sepatu di jalan mataram ini rata-rata penjual sepatu sudah berjualan lebih dari 20 tahun. Bagai Mahasiswa yang ada di jogja dari tahun 1990an – 2020 tentu tidak asing dengan tempat ini, pada pedangan disini merintis sampai menjadi tempat untuk cari sepatu dengan harga murah. Pembeli sepatu datang kesini biasnaya sudah tahu harganya murah.

Kios-kios di Jalan Mataram ini sudah ada sejak tahun ’80-an. Namun, baru berubah menjadi kios yang “seragam” sekitar tahun 2000-an. Maksud seragam di sini, produk jualannya sama semua, yaitu sepatu. Sejak saat itu, Jalan Mataram Jogja dikenal sebagai pusatnya sepatu murah. Apa yang dijual mulai dari sepatu wanita, pria, hingga anak ada di tempat ini. Rata-rata toko sepatu disini (dulu) menyediakan sepatu lokal hand made dengan kualitas bagus.

Tapi, kalau kamu mau mencari sepatu KW juga banyak yang jual dengan kualitas beragam, ada yang KW dengan level tertebtu. Bahkan KW hingga ada yang mirip dengan aslinya. Karena kelengkapannya ini dulu di Jl. Mataram tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.


Penampakan Ruko-ruko jalan mataram (januari 2022) sebelum di bongkar. (sumber : Arsip google map)

Lokasi Lama Pedagang Sepatu

Foto diatas adalah penampakan ruko-ruko sepatu jalan mataram ujung utara (sekitar Januari 2022) sebelum di bongkar, yang dikenal toko sepatu jogja termurah. Dulu, Toko Sepatu di Jalan ini benar-benar “surga” bagi pemburu sepatu murah, etrutama bagi pelajar dan mahasiswa. selain murah akses sangat mudah di jangkau dan saking ramainya jalan ini dulu sering macet. Banyak kendaraan roda dua dan empat yang parkir di tepi jalan ini.

Jika kita lihat bagaimana komentar pembeli di Toko Sepatu ini, sebagai masih bisa dilihat di reveiew Google map. Diantaranya “Surganya sepatu kets. Barangnya mulai dr KW biasa, KW premium, import Vietnam, hingga asli. Harga bisa ditawar serta banyak diskon juga” Tulisa akun Git tasss saat memberikan komentar sekitar tahun 2019. Review lain juga dari ndrieka budi dan Alvania Kartika, “Sepatunya murah meriah pilihannya banyak. Bayangkan Sepatu kets mulai IDR 90,000. Luar biasa!”. Kedua komentar ini ditulis sebelum masuk masa pademi Covid19.

Toko-toko Pindah Kemana?

Para pedangan Sepatu dan juga PKL lain saat ini menempati lantai 3 Teras Malioboro 1. Sebagain besar PKL Malioboro lainnya memilih memindahkan barang secara mandiri meskipun pemerintah menawarkan jasa pada Januri 2022. Area Ruko Sepatu lama di Jalan Mataran saat ini sudah bersih, bangunan permanen disekitar sana sebagian besar sudah dirobohkan. Pekerja proyek telah merobohkan deretan kios bekas pedagang sepatu di ujung Jalan Mataram, Jogja, Jumat (28/1/2022). Ada belasan pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan sepatu di kawasan itu pindah. Mereka ditempatkan di bekas gedung bioskop Indra, menempati lapak baru di lantai ketiga Teras Malioboro 1.

Sementara bersamaan dengan penataan di Jl Mataram, Jalan maioboro juga banyak berubah, saat ini tidak ada PKL yang berjualan di sepanjanga Malioboro. Semua PKL di sepanjang Malioboro juga sudah pindah ke Teras malioboro1 dan 2.

Suasana Teras Mailoboro 1 (Foto : Ma’ruf Ridho Syahrofi /FB)

Pedangan sepatu sudah mulai mengkosongkan kios sejak Kamis (27/1/2022) lalu sudah tidak ada barang-barang yang tersisa. Saat ini semua sudah ada PKL yang jualan disini, pindah ke teras Malioboro 1.

Oya sebagai informasi ada Teras Malioboro 1 berada di gedung bekas Bioskop Indra yang terletak di kawasan selatan Malioboro. Sedangkan Teras Malioboro 2 berada di lahan bekas kompleks kantor dinas pariwisata utara Malioboro, tepatnya di sebelah utara Kantor DPRD DIY. Jam Operasional Teras Malioboro ini dimulai buka mulai 08.00 WIB hingga malam. Bagi yang ingin berbelanja atau masuk lebih nyaman datang pada siang hingga sore hari. Ada juga wisata kuliner, disarankan juga datang pada sore hingga malam hari.

No comments:

Post a Comment

Temukan Kacamata Berkualitas dengan Harga Terjangkau di Optik Terdekat Anda

Apakah Anda mencari kacamata yang cocok untuk kebutuhan Anda? Dengan beragam pilihan seperti kacamata minus, kacamata baca, kacamata progres...